Kamis, 30 Juni 2011

Kos atau Kontrakan?


Pertama-tama aku ucapin selamat bagi teman yang udah keterima snmptn dan universitas lainnya. Kalian berhasil dan siap-siap  memasuki dunia baru yaitu dunia kuliah, yang pasti berbeda dari dunia SMA, SMP, SD ato malah SD. Juga buat teman-teman yang belum keterima jangan berkecil hati ada rencana Tuhan yang lebih baik untuk kalian yang kalian belum ketahui, percayalah. Semua masih tetap harus berusaha untuk melanjutkan hidupnya masing-masing ada tugas baru yang selalu ada untuk dikerjakan. Keep your fight. J

Untuk para maba(mahasiswa baru) yang akan duduk dibangku perkuliahan yang perlu disiapkan apalagi kalian yang keterima dari luar kota universitas kalian pasti sangat membutuhkan tempat tinggal. Kalian gak maukan luntang-luntung gara-gara gak punya tempat tinggal. Sebenarnya banyak pilihan bagi kalian untuk mencari tempat tinggal yang sesuai dengan keinginan kalian. 

1.       1. Sanak saudara.
Mudah sekali tinggal minta informasi sama keluarga apakah ada sanak saudara yang tinggal di kota tujuan dimana universitas yang kalian masuki. Jika sudah maka hubungi mereka via telepon, sms, chatting, email ... atau apa saja alat yang memungkinan untuk berkomunikasi.
Tanyakan kepada mereka apakah bisa tinggal ditempat mereka atau tidak? Biasanya karena hubungan saudara, mereka  tidak akan keberatan untuk dimintai bantuan berupa tempat tinggal bahkan kemungkinan mereka senang dengan kehadiran mu yang menambah susana dirumah mereka karena sudah mengenalmu sebelumnya atau lewat keluargamu. Jadi jangan sungkan-sungkan unutk meminta bantuan ke sanak saudara mu terlebih dahulu, keluarga adalah tempat terdekat untuk meminta tolong sebelum teman dan orang yang belum kamu kenal.

2.        2. Teman
Nah, bagi yang tidak punya saudara bisa menghubungi teman kamu yang tinggal dikota tempat universitas kamu berada. Tanya juga apakah dia bisa membantu mencarikan tempat tinggal untukmu disana? Setelah ia mau, maka kamu harus tentukan tanggal yang sesuai dengan dirimu dan dia agar lebih bebas dan mudah mencari tempat tinggal untukmu.

3.       3. Searching.
Sekarang banyak banget kos atau kontrakan yang dapat dicari lewat internet. Kamu tinggal buka mbah google dan ketikkan key-nya  kos atau kontrakan di kota tujuan maka sederet penuh mbah goggle akan memberitahumu. Disana ada informasi seperti nama kos/kontrakan, alamat, no. Atau jika beruntung foto gambaran tempat tinggal yang akan kalian tempati. Tidak salahnya mencoba cara yang berikut ini.

4.      4 Hunting
Terakhir adalah yang mungkin agak melelahkan yaitu hunting. Setelah mencari tahu lewat sanak saudara maupun teman yang alih-alih gak punya sekali dikota tujuan dan searching kurang puas bahkan cenderung tidak meyakinkan. Maka jurus terakhir adalah langsung aja ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) eh, salah maksudnya TKP(Tempat Kota Pencarian). Nah, walaupun disini kamu harus bersusah payah mencari dengan informasi seadanya tapi kamu tidak akan merepotkan orang lain kecuali orang yang kamu ajak untuk ikut nyari bareng-bareng. Biasanya para hunter kos/kontrakan nyari gak jauh-jauh dari universitas kamu. Tujuannya biar gak susah, bingung karena udah jelas dimana ada kampus disana banyak kos2an/kontrakan yang dapat  dijadikan tempat tinggal. Dan para warga sekitar juga banyak yang menjadikan rumah mereka sebagai tambahan pendapatan rumah tangga dengan menjadikan kosan atau kontrakan karena letakknya yang strategis deka dengan universitas.

Semua pilihan diatas dapat kamu coba. Tapi yang perlu diperhatikan adalah

a.      a.  Waktu
Jangan terlalu dekat dengan tanggal masuk ospek karena biasanya kosan/ kontrakn udah pada penuh sehingga terpaksa kamu bisa aja dapat kos-kosan yang biasa-biasa aja jauh dari apa yang kamu harapin. Itu harus diantisipasi.

b.    b.   Harga
Cari kos/kontrakan susah-susah gampang, kenapa?  Jika kamu beruntung mungkin kamu bisa dapat kos/kontrakan dengan harga murah atau malah MAHAL. Dan itu kembali ke kamu apakah kamu ingin yang murah, Rata-Rata, atau MAHAL. Karena ada beragam jenis kos/kontrakan dikota yang kamu tuju.Biasanya yang dekat dengan universitas cenderung mahal dibandingkan dengan yang agak jauh. Selang waktu untuk membayar juga berbeda-beda ada yang sebulan sekali, 3 bulan sekali, 6 bulan sekali dan setahun sekali lebih sering ke kontrakan. Jika benar-benar tidak yakin akan kamu akan tinggal lama di kos/kontrakan, lebih baik ambil untuk sebulan atau minimal 3 bulan bagi  yang malas pindah barang-barang. Kalau mengambilnya terlalu lama dan kamu tidak betah sama sekali dengan konskuensi  uang yang telah kamu bayarkan untuk jangka waktu tertentu kembali setengahnya atau bahkan tidak sama sekali. Maka harus lebih cermat dalam memutuskan berapa lama kamu akan tinggal disana karena sangat mempengaruhi uang yang akan kamu keluarkan.

c.       c. Kenyamanan.
Huff, setelah panjang lebar nulis tentang harga sekarang kita ngomongin yang terpenting yaitu kenyamanan. Percuma kan jika kita telah mengeluarkan banyak uang tapi tidak mendapatkan kos/kontrakan yang nyaman. Kenyamanan akan mempengaruhi pola hidup dan pikiran kamu di kampus.
Mungkin in aja yang aku bisa kasih tau keteman-teman, jika ada kekurangnya maka maafkan aku dan bisa memberi komen buat temen lain agar lebih membantu. Sekian dan terima kasih. Tulisan yang berikut harap ditunggu ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates